Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui Wifi

Diposting pada

Courtyardbrewing.Com- kamu pastinya pernah mengunjungi dan tidak sengaja melihat di tempat-tempat yang memfasilitasi jasa layanan print dokumen seperti di warnet atau tempat photocopy mereka dapat memakai satu printer akan tetapi juga dapat dipakai untuk banyak komputer dalam ngeprint dokumen.

Dalam teknik ini dinamakan dengan sharing printer, ialah kita memberikan suatu akses melalui komputer lain supaya dapat memakai printer yang serupa. Ini dapat dilakukan apabila komputer tersebut saling berkaitan dan terhubung pada jaringan yang sama, apapun itu dengan memakai kabel LAN ataupun dengan menggunakan Wifi dalam mengubungkan untuk komputer dan printer.

Pada Umumnya di perusahaan juga menggunakan sharing printer, Dengan maksud untuk menghemat biaya pengeluaran. Dapat dibayangkan berapa jumlah biaya yang perlu untuk dikeluarkan jika memiliki sebuah komputer harus mempunyai printer yang berbeda-beda, sedangkan dalam pemakaian komputer ataupun laptop di kantor dapat mencapai puluhan unit dan bahkan ratusan untuk sebuah perusahaan.

Dengan begitu saya akan menyampaikan terkait dengan informasi tentang cara sharing printer ke komputer lain dengan melalui wifi, sehingga kalian akan mengemat biaya pengeluaran dengan hanya menggunakan printer yang serupa, Untuk lebih rincinya dengan mengenai cara sharing printer dengan komputer lain melalui wifi. Mari kita belajar bersama dengan penjelasan yang akan saya berikan.

Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui Wifi


Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui Wifi

Supaya printer bisa dishare dan dipakai oleh komputer lain, Kamu perlu untuk melakukan beberapa tahap dalam pengaturan di bawah ini pada perangkat komputer atau PC yang sudah terhubung dengan printer yang akan di gunakan oleh kamu.

  • Langkah pertma kamu dapat membuka menu Control Panel. Salah satu cara untuk membukanya ialah dengan cara menekan tombol Windows + R selanjutnya ketikkan tulisan Control Panel lalu tekan OK atau menekan  Enter.

Control Panel

  • Sehingga akan muncul Jendela menu Control Panel yang telah terbuka. Agar dapat melakukan Sharing Printer, kita terlebih dahulu perlu untuk mengaktifkan File and printer sharing. Caranya dengan memilih Network and Internet pada menu Control Panel.

Network and Internet

  • Selanjutnya tampilan jendela Network and Internet akan terbuka, dan kamu pilih Network and Sharing Center

Network and Sharing Center

  • Berikutnya kamu pilih Change advanced sharing settings.

Change advanced sharing settings

  • Agar sharing file maupun printer, kamu harus pilih Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Dengan cara mengaktifkan fitur ini, maka untuk pemakai lainnya dapat mengakses file atau printer yang telah kamu sharing.

Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing

  • Langkah selanjutnya kali ini dapat dibilang opsional, bisa dilakukan atau tidak misalkan perangkat PC milik kamu melakukan sharing printer, dan perangkat PC kamu juga diberi password untuk dapat login. Sehingga siapapun yang mau mengakses printer yang sudah dishare oleh perangkat PC kamu perlu untuk memasukkan sebuah password untuk dapat login di perangkat PC kamu dengan terlebih dahulu. Sarankan yang saya berikan, agar kamu menonaktifkan fitur ini, dengan cara klik All Networks.

All Networks

  • Tahap selanjutnya kamu Scroll sedikit ke posisi bawah selanjutnya pilih Turn off password protected sharing. Dengan cara ini maka setiap perangkat komputer maupun PC yang mau mengakses printer yang sudah dibagikan oleh perangkat PC kamu tadi tidak harus lagi untuk memasukkan password supaya bisa login. Berikutnya jangan lupa klik Save changes, untuk menyimpan perubahan yang sudah kamu lakukan tadi.

Turn off password protected sharing

  • Selanjutnya cara untuk mengaktifkan File and printer sharing, sekarang kamu dapat melakukan sharing printer. Buka kembali pada pengaturan Control Panel lalu pada kategori Hardware and Sound, kamu dapat pilih View Devices and Printers.

Hardware and Sound

  • Selanjutnya, kamu klik kanan pada salah satu printer yang mau kamu sharing lalu pilih Printer properties. Disini saya memakai printer tipe OneNote 2007 Series.

Printer properties

  • Selanjutnya kamu Pindah ke tab Sharing kemudian kamu dapat centang Share this printer selanjutnya beri nama pada printernya (Yang kamu miliki). Selanjutnya klik OK, untuk memilih printer yang kamu gunakan.

Share this printer

Dengan begitu, printer yang sudah kamu share sudah bisa dipakai oleh komputer lain yang telah terhubung dalam satu jaringan yang serupa. Berikut ini adalah cara untuk dapat mengakses printer yang sudah dishare tersebut pada komputer lain.

Baca Juga : Cara menghapus halaman di Word


Cara Mengakses Printer yang Telah Dishare

  • Kamu juga harus untuk melakukan dalam sedikit pengaturan pada perangkat komputer atau laptop milik kamu yang mau mengakses printer yang telah dishare. Pastikan kamu juga telah mengaktifkan Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing. Berikutnya kamu pilih Save changes. untuk menyimpan perubahan yang sudah kamu lakukan tadi.

Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing

  • Kamu juga dapat mengakses printer tersebut dengan menggunakan File Explorer. Buka File Explorer dapat dengan cara menekan tombol Windows + E selanjutnya kamu pilih Network. Klik pada nama komputer yang telah tersambung dengan printer yang kamu miliki, seperti: OneNote 2007. Untuk nama komputer lain yang juga tampil ‘kemungkinan‘ itu nama komputer kamu sendiri.

File Explorer

  • Selanjutnya akan terlihat apa saja yang sudah disharing dengan komputer tersebut dimana salah satunya ialah printer tersebut. Maka Klik Kanan pada printer selanjutnya pilih Connect. Kamu dapat menunggu sampai proses Connecting telah berhasil terhubung pada printer milik kamu.

Connect

  • Dengan begitu, kamu telah dapat mencetak dokumen kamu dengan memakai printer yang telah disharing tersebut. Perlu kamu ingat, pada saat kamu akan mencetak dokumen, Kamu perlu untuk memilih nama printer  milik kamu tersebut. Pastikan kamu memilih printer yang statusnya sudah Ready atau sudah siap untuk di gunakan.

Ready

Baca Juga : Rumus IF Excel


Keuntungan Sharing Printer Pada Suatu Jaringan

Ada beberapa alasan dalam Sharing printer didalam suatu jaringan harus untuk dilakukan, alasan tersebut muncul karena sharing printer memiliki beberapa fungsi dan kelebihan yang didapatkan pada saat kamu memakai sharing printer. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dalam melakukan sharing printer pada suatu jaringan yang sama:

  • Dapat Menghemat Pengeluaran dan Waktu

Jika kamu memakai sharing printer dalam melakukan proses mencetak data maupun dokumen seseorang, maka dengan memakai sharing printer ini kamu bisa menghemat pengeluaran yang dibutuhkan. Kamu bisa mencetak dokumen dalam satu waktu, tanpa perlu menunggu dokumen lainnya selesai terlebih dahulu.

  • Dapat Dipakai lebih Dari Satu Pengguna

Sesuai dengan namanya ialah sharing printer maka seseorang bisa untuk melakukan print data maupun dokumen hanya dengan memakai satu mesin printer saja. Sama seperti keterangan sebelumnya yang bisa menghemat biaya pengeluaran. Jadi, dengan memakai metode sharing printer ini kamu atau pengguna lainnya dapat memakai printer yang seruoa dengan sebuah catatan berada didalam satu jaringan yang sama juga dalam melakuka proses print tersebut.

Baca Juga : Cara Menghitung Persen


Wajib Untuk Diperhatikan Ketika Melakukan Sharing Printer

Selain sharing printer mempunyai manfaat yang cukup banyak, ada beberapa hal yang perlu untiuk kamu perhatikan ketika dalam melakukan sharing printer, seperti:

  • Perlu Adanya Seperangkat Komputer Yang Stanby Operasi

Jika kamu akan melakukan sharing printer, maka perlu ada seperangkat komputer dalam keadaan stanby yang selalu hidup atau menyala setiap akan digunakan kapanpun. Komputer yang satu tersebut merupakan komputer master yang perlu tetap terus menyala jika memakai printer yang berjenis tidak mempunyai port LAN. akan tetapi, jika printer yang dipakai memiliki port LAN maka tidak perlu adanya seperangkat komputer yang stanby menyala terus.

  • Perlu Printer Dengan kualitas Baik

Jika kamu akan memakai metode sharing printer, maka printer yang kamu pakai lebih baik yang mempunyai kualitas terbaik. Sehingga pada saat kamu akan memakai sharing printer, keperluan dalam cetak tentunya juga akan banyak, sehingga akan membuat printer perlu untuk bekerja terus menerus smpai semua telah tercetak. Jika saja printer yang kamu pakai kurang berkualitass, maka dapat saja printer yang kamu gunakan akan cepat rusak yang kualitas printer tersebut  tidak bagus.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Sharing Printer Ke Komputer Lain Melalui Wifi Sehingga cara tersebut dapat kalian gunakan untuk versi windows sesuai dengan komputer yang kalian miliki, dengan cara menerapkan Sharing Printer, untuk semua komputer dalam satu jaringan dapat memakai printer yang sama, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalin semua yang telah membacanya dari awal hingga akhir, kalian dapat mendukung artikel ini supaya saya dapat memberikan informasi penting lainnya untuk kalian semua.